Jumat, 14 Juni 2013

AMAN - 8. Persoalan Nikmat dan Siksa Kubur


Oleh KH Ali Maksum






هل في القبر نعيم و عذاب؟

أنكر عذاب القبر و نعيمه اناس ينتسبون الى الإسلام و قد برهنوا بإنكارهم هذا على جهل فاحش بدينهم. فإن الكتاب و السنة ناطقان بما يكون فى القبر من نعيم و عذاب لا يجرؤ على انكاره مسلم. و إليك البيان :
قال ربنا عز و جل في كـتابه : النار يعرضون عليها غدوا و عشيا, و يوم تقوم  الساعة أدخلوا آل فرعون اشد العذاب.
 أفهمتنا هذه الأية أن فرعون و قومه يعرضون عليها غدوا و عشيا. و هذا العرض لا يخلو إما ان يكون فى الدنيا او فى القبر او فى الأخرة. أما فى الدنيا فلم يكن ذلك قطعا. و أما فى الأخرة فالأية تقول بصراحة تبـين  حالهم هناك:  "و يوم تقوم الساعة أدخلوا آل فرعون اشد العذاب" ,  إذن هذا العرض ليس فى الأخرة. و إذا انتفى ان يكون فى الدنيا و الأخرة تـعين ان يكون فى القبر . و هذا دليل الكتاب على ما نقول.
و أما السنة الصحيحة فورد منها شيئ كـثير يدل على ذلك المعنى. فقد روى الشيخان, البخاري و مسلم و النسائي, أن رسول الله صلى الله عليه و سلم خرج بعد ما غربت الشمس, فسمع صوتا, فقال : يهود تعذب في قبرها.
و روي النسائي و مسلم, انه صلى الله عليه و سلم قال : لو لا ان تدافنوا لدعوت الله ان يسمعكم عذاب القبر.
و روى الشيخان و الترمذي و النسائي و ابو داود, أنه صلى الله عليه و سلم مر على قبرين. فقال : إنهما لايعذبان في كـبير (أي في نظر الناس). اما احدهما فكان يمشي بالنميمة. و اما الأخر فكان لا يستـتر من بوله. ثم دعا بعسيب رطب, فشقّه اثنـين, فغرس على هذا واحدا و على هذا واحدا, ثم قال : لعله يخفـف عنهما ما لم يـيبسا.
و روى الترمذي عن هانئ مولى سيدنا عثمان رضي الله عنه كان اذا وقف على قبر بكى حتى بلّ لحيته. قيل له : أتذكر الجنة و النار, و لا تبكي و تذكر القبر فتبكي؟. فقال : إني سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول : القبر اول منزل من منازل الأخرة. فإن نجا منه, فما بعده ايسر منه. و إن لم ينج منه, فما بعده اشدّ منه. و سمعته يقول : ما رأيت منظرا قطّ  الا و القبر افظع منه.
و روى البخاري و مسلم و ابو داود و النسائي, انه صلى الله عليه و سلم قال: ان العبد اذا وضع في قبره و تولى عنه اصحابه, انه ليسمع خفق قرع نعالهم. اذا انصرفوا عنه أتاه ملكان فيقعدانه, فيقولان له : ما كـنت تقول في هذا الرجل محمد؟. فأما المؤمن فيقول : أشهد ان ه عبد الله و رسوله. فيقال : انظر الى مقعدك من النار, ابدلك الله به مقعدا في الجنة. فيراهما جميعا. و اما الكافر و المنافق فسيقول :  لا أدري كـنت اقول ما يقول الناس فيه. فيقال : لادريت و لا تليت. ثم يضرب بمطرقة من حديد ضربة بـين اذنيه, فيصيح صيحة يسمعها من يليه الا الثـقلين.
 و هذا الحديث يثـبت شيئا أخر غير مقصود الترجمة, و هو سؤال القبر.
و ورد في احاديث اخرى السؤال عن ربنا عز و جل و ديننا زيادة عن السؤال عن نبـينا. و هذا السؤال هو فتـنة القبر الذي فيه يقول الله تعالى :
يثـبّت الله الذين أمنوا بالقول الثابت فى الحياة الدنيا و فى الأخرة و يضلّ الله الظالمين و يفعل الله ما يشاء.(سورة إبراهيم : 27 )
و في هذا القدر كـفاية, و فوق الكـفاية للمسلم الذي يريد الوصول الى الحق من طريقه. و الله الموفق.



TERJEMAH


Sekelompok orang dengan mengaku beragama Islam mengingkari adanya siksa dan nikmat kubur, dengan berbagai argumentasi yang mendukung keingkaran mereka. Dengan argumentasi tersebut justru menunjukkan kebodohan mereka terhadap agama Islam itu sendiri. Karena Al-Qur`an dan Hadis sebenarnya telah menyinggung adanya nikmat dan siksa kubur. Tiada seorang muslim pun yang berani mengingkari hal ini.

Allah swt berfirman :
اَلنَّارُ يُعْرَضُوْنَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَ عَشِيًّا, وَ يَوْمَ تَقُوْمُ ُ السَّاعَةُ اَدْخِلُوْا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ (سورة المؤمنون : 46 )
Artinya: “Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir`aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras". (QS al-Mukmin, [40] : 46)

Ayat di atas memberitahukan kita bahwa Allah memperlihatkan neraka kepada Fir’aun dan kaumnya setiap pagi dan sore. Peristiwa ini bisa jadi terjadi di dunia, di alam kubur, atau mungkin di akhirat. Di dunia, hal ini pasti tidak mungkin tejadi. Jika terjadi di akhirat, ayat ini telah menjelaskan secara tegas tentang keadaan mereka di sana : “… dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir`aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras" (QS Al-Mukminun : 46). Dengan demikian, peristiwanya tidak terjadi di akhirat. Jika tidak mungkin terjadi di dunia dan di akhirat, maka jelaslah, bahwa peristiwanya terjadi di alam kubur. Itulah nash Al-Qur`an tentang adanya nikmat dan siksa kubur.

Selain nash Al-Qur’an diatas, tidak sedikit hadis Nabi yang menjelaskan adanya nikmat dan siksa kubur. Imam Bukhari, Muslim dan an-Nasai meriwayatkan, bahwa Rasulullah saw pernah keluar rumah (melewati makam) setelah matahari tenggelam, lantas mendengar suara (jeritan), lalu bersabda:
يَهُوْدُ تُعَذَّبُ فِيْ قَبْرِهَا
Artinya : Orang Yahudi sedang disiksa didalam kuburnya”.

Imam An-Nasai dan Muslim meriwayatkan, bahwa Rasulullah saw pernah bersabda:
لَوْ لَا اَنْ تَدَافَنُوْا لَدَعَوْتُ اللَّهَ اَنْ يُسْمِعَكُمْ عَذَابَ الْقَبْرِ.
Artinya: “Sekiranya kalian tidak menguburkan (jenazah), tentu aku memohon kepada Allah agar kalian diperdengarkan adanya siksa kubur”.

Asy-Syaikhani (Bukhari dan Muslim), at-Tirmidzi, an-Nasaiy dan Abu Dawud meriwayatkan, bahwa Rasulullah saw pernah melewati dua makam, lantas bersabda : 
إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ فِي كَبِيْرٍ (أي في نظر الناس). أَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ يَمْشِي بِالنَّمِيْمَةِ. وَأَمَّا اْلآخَرُ فَكَانَ لَا يَسْتَتِرُ مِنْ بَوْلِهِ.
Artinya: “Sungguh penghuni dua makam ini benar-benar sedang disiksa. Keduanya disiksa bukan karena melakukan dosa besar (dalam pandangan manusia). Seorang diantara keduanya (sewaktu di dunia) suka mengadu domba (memfitnah). Sedangkan yang lain, ia tidak menutupi (memasang pelindung) dari percikan kencingnya”.

Beliau saw kemudian meminta kepada sahabatnya agar mengambilkan satu pelepah pohon yang masih basah, lalu membelahnya menjadi dua bagian. Satu bagian ditancapkan di atas satu makam, dan satu bagian lagi ditancapkan di atas makam lainnya. Beliau lalu bersabda :
لَعَلَّهُ يُخَفَّفُ عَنْهُمَا مَا لَمْ يـَيْبَسَا
Artinya: “Semoga (pelepah pohon ini) dapat meringankan siksa kedua orang ini, selama kedua bagian pelepah ini belum kering”.[1]

At-Tirmidzi meriwayatkan dari Hanik, seorang budak yang dimerdekan oleh Usman bin Affan ra. Adalah Usman bin Affan ra, jika berdiri di atas suatu makam, beliau menangis sampai air matanya membasahi jenggotnya. Beliau ditanya seseorang : “Kenapa, sewaktu mengingat surga dan neraka engkau tidak menangis, sedangkan mengingat kubur saja engkau lalu menangis?”. Jawab beliau : “Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda :
اَلْقَبْرُ اَوَّلُ مَنْزِلٍ مِنْ مَنَازِلِ الْأَخِرَةِ. فَإِنْ نَجَا مِنْهُ, فَمَا بَعْدَهُ اَيْسَرُ مِنْهُ. وَ إِنْ لَمْ يَنْجُ مِنْهُ, فَمَا بَعْدَهُ أَشَدُّ مِنْهُ
Artinya: “Alam kubur adalah satu dari sekian tempat di akhirat. Jika seseorang selamat dari (siksa) kubur, maka seterusnya ia akan selamat dan mengalami kemudahan. Namun jika tidak selamat dari (siksa) kubur, maka perjalanan selanjutnya (di akhirat) akan semakin pedih dan berat daripada sewaktu berada di alam kubur”.
Aku juga pernah mendengar beliau saw bersabda :
مَا رَأَيْتُ مَنْظَرًا قَطُّ  اِلَّا وَ الْقَبْرُ اَفْظَعُ مِنْهُ.
Artinya: “Aku sama sekali belum pernah melihat tempat pemandangan, selain bahwa kuburan lebih berat darinya”.

Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan an-Nasaiy meriwayatkan hadis, bahwa Rasulullah saw pernah bersabda :
إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا وُضِعَ فِي قَبْرِهِ وَ تَوَلَّى عَنْهُ أَصْحَابُهُ, اَنَّهُ لَيَسْمَعُ حَفْقَ قَرْعِ نِعَالِهِمْ. اِذَا انْصَرَفُوْا عَنْهُ أَتَاهُ مَلَكَانِ فَيُقْعِدَانِهِ, فَيَقُوْلَانِ لَهُ : مَا كُـنْتَ تَقُوْلُ فِي هَذَا الرَّجُلِ مُحَمَّدٍ؟. فَأَمَّا الْمُؤْمِنُ فَيَقُوْلُ : أَشْهَدُ اَنَّهُ عَبْدُ اللَّهِ وَ رَسُوْلُهُ. فَيُقَالُ : اُنْظُرْ اِلَى مَقْعَدِكَ مِنَ النَّارِ, أَبْدَلَكَ اللَّهُ بِهِ مَقْعَدًا فِي الْجَنَّةِ. فَيَرَاهُمَا جَمِيْعًا. وَ اَمَّا الْكَافِرُ وَ الْمُنَافِقُ فَيَقُوْلُ :  لَا أَدْرِي كُنْتُ أَقُوْلُ مُا يَقُوْلُ النَّاسُ فِيْهِ. فَيُقَالُ : لَادَرَيْتَ وَ لَا تَلَيْتَ. ثُمَّ يُضْرَبُ بِمِطْرَقَةٍ مِنْ حَدِيْدٍ ضَرْبَةً بَيْنَ أُذُنَيْهِ, فَيَصِيْحُ صَيْحَةً يَسْمَعُهَا مَنْ يَلِيْهِ اِلَّا الثَّـقَلَيْنِ.
Artinya “Sesungguhnya seorang hamba jika sudah diletakkan didalam kuburannya dan ditinggal pergi oleh teman-teman yang mengantarkannya, ia benar-benar mendengar suara gemerisik sandal mereka. Jika mereka sudah pergi meninggalkan kuburannya, dia didatangi oleh dua orang malaikat. Dia lantas didudukkan oleh kedua malaikat tersebut seraya berkata : “Apa pendapatmu tentang seorang lelaki yang bernama Muhammad?”. Jika ia seorang yang beriman, ia akan menjawab : “Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba dan utusan Allah”. Lantas dikatakan kepadanya, “Lihatlah calon tempat dudukmu dari neraka. Semoga Allah mengganti tempat dudukmu ini dengan tempat duduk di surga”. Orang itu lalu melihat kedua tempat duduk di surga dan neraka seluruhnya. Jika ia seorang yang kafir dan munafiq, dia akan menjawab : “Aku tidak tahu, bagaimana aku mengatakan apa yang dikatakan orang-orang tentangnya”. Lantas dikatakan kepadanya : “Jadi, kamu tidak tahu dan tidak membaca (penjelasan Al-Qur`an dan Hadis)”. Lantas dipukullah diantara kedua telinganya dengan palu besi sekali pukulan dan menjerit dengan suatu jeritan yang mampu didengar oleh makhluk di sekitarnya, selain jin dan manusia.

Hadis di atas selain menjelaskan adanya siksa kubur, juga menjelaskan adanya pertanyaan kubur.

Pertanyaan kubur juga disebutkan dalam beberapa hadis lain, seperti pertanyaan tentang siapa Tuhan kita dan apa agama kita, sebagai tambahan dari pertanyaan tentang siapa Nabi kita. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang disebut fitnah kubur, sebagaimana yang disinggung Allah dalam firman-Nya :
يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِى الْحَيَـوةِ الدُّنْيَا وَ فِى الْآخِرَةِ وَ يُضِلُّ اللَّهُ الظَّالِمِيْنَ  وَ يَفْعَلُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ.  ( سورة إبراهيم : 27 )
Artinya: “Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.” (QS Ibrahim,[14] : 27)

Ayat tersebut cukup sebagai bukti adanya siksa kubur, bahkan lebih dari cukup bagi seorang muslim yang ingin sampai (mengetahui) kepada persoalan yang haq (sebenarnya) dari jalannya.







[1] Hadis ini dijadikan dalil sampainya bacaan al-Quran kepada orang yang meninggal. Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata: "Jika siksa kubur bisa diringankan dengan benda mati (pelepah pohon), maka dengan bacaan al-Quran yang merupakan dzikir paling mulia dan dibaca oleh orang soleh, adalah lebih utama untuk mendapatkan berkah dari bacaan tersebut" (al-Imta' I/85. Begitu juga al-Hafidz Jalaluddin as-Suyuthi yang mengutip pernyataan al-Qurthubi dalam Syarh as-Sudur I/305)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar